Tips Memilih Kuas Cat

Kuas berfungsi sebagai alat pengoles bahan-bahan bangunan yang berbentuk cairan, khususnya cat. Kuas untuk bangunan tersedia dalam berbagai ukuran. Kuas yang berukuran besar digunakan untuk permukaan yang luas sementara kuas yang kecil digunakan untuk permukaan yang sempit serta detail-detail yang sulit.

Model kuas dibedakan menjadi dua, yaitu kuas standar dan kuas rol. Tulisan kali ini akan menyajikan tips dan cara-cara memilih kuas cat standar yang baik. Kuas cat standar terdiri dari tiga bagian yaitu bulu kuas, pegangan dan pengikat logam yang menyatukan keduanya.

Kuas cat yang baik dan berkualitas umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Ujung bulu yang runcing sehingga kuas menjadi lebih fleksibel. Jangan memilih kuas yang ujungnya pangkal dan sama tebalnya.
  2. Bulu kuas yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga dapat menyerap cat lebih banyak dan hasil pengecatan lebih halus. Kuas yang murah cenderung memiliki bulu lebih pendek dan akan meninggalkan bekas kuasan pada pengecatan.

Selain memilih kuas yang baik perlu diperhatikan juga pemilihan jenis kuas sesuai dengan catnya. Untuk cat minyak akan lebih baik hasilnya bila menggunakan kuas dari bulu hewan. Sementara untuk cat yang larut dalam air jangan menggunakan kuas dari bulu hewan karena akan menyerap air dan mengembang sehingga sulit diarahkan. Gunakanlah kuas sintetis nilon atau serat sintetis sebagai penggantinya.

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: