Tips Memilih Warna Cat Interior Rumah

Bila sudah tiba saatnya anda harus mendekorasi rumah yang dibangun, pemilihan warna cat untuk interior rumah sungguh merupakan suatu tantangan. Sementara anda dihadapkan dengan pilihan warna yang begitu banyak, anda menjadi bingung harus mulai dari mana.

Warna suatu ruangan sering mencerminkan pribadi dari pemilik rumah serta bisa mempengaruhi emosi dan tindakan dari penghuni rumah tersebut. Warna ruangan ada yang bisa bersifat memberikan gairah dan semangat atau menentramkan, serta yang memberikan inspirasi atau stimulasi.

Berikut beberapa tips dalam pemilihan warna cat yang semoga bisa membantu anda menentukan warna yang paling cocok:

  1. Tetapkan apa fungsi masing-masing ruangan. Apakah ruang makan akan dipergunakan hanya oleh keluarga ataukah lebih sering dipakai untuk menjamu tamu? Apakah ruang keluarga akan dipakai untuk melepas lelah dengan menonton TV bersama ataukah lebih sering dipakai untuk acara permainan bersama?
  2. Fungsi ruangan (dari langkah no.1) akan menentukan “mood” yang anda inginkan dari setiap ruangan. Bila ruang keluarga dipakai untuk melepas lelah, tentunya mood yang tepat adalah yang bersifat menentramkan. Sementara bila lebih sering dipergunakan untuk acara permainan bersama, “mood” yang bersifat menstimulasi akan lebih tepat.
  3. Tentukan warna yang sesuai dengan “mood” yang telah dipilih di langkah nomor dua. Berikut beberapa panduan pilihan warna yang mungkin dapat membantu anda memilih warna yang tepat. Dengan mempelajari arti warna dan kesan yang ditimbulkan, anda tentu sudah bisa membayangkan warna apa yang akan dipilih.
    • Biru mencerminkan aura kesejukan dan dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi zat kimia yang bersifat menenangkan.
    • Hijau merupakan warna yang paling kerap dilihat mata. Hijau memberikan kesan adem dan kesegaran yang seimbang antara warna teduh dan cerah.
    • Kuning memberi kesan optimis, penuh energi, pencerahan dan kebahagian. Secara mental kuning akan memberikan stimulasi bagi syarat dan mendorong komunikasi.
    • Merah bersifat sangat menstimulasi, penuh energi serta meningkatkan entusiasme dan kepercayaan diri.
    • Ungu memberikan kesan keseimbangan antara stimulasi warna merah dan kesejukan warna biru. Ungu juga mendorong kreatifitas serta memberikan kesan spiritualitas.
    • Oranye seperti halnya dengan warna merah bersifat menstimulasi aktifitas dan selera serta meningkatkan kesan sosialitas.
    • Coklat mencerminkan stabilitas, bisa diandalkan dan bisa didekati. Warna yang sama dengan warna tanah ini juga sering diasosiasikan dengan semua hal yang alami atau organik.
  4. Jangan terlalu terburu-buru untuk menetapkan warna cat yang akan dibeli. Harus juga dipertimbangkan dulu penyesuaian dengan dekorasi rumah anda yang lain seperti karpet, wall-paper, perabot furnitur, lukisan dan lainnya. Harus juga diperhatikan perpaduan warna yang serasi bila anda memutuskan untuk menggunakan lebih dari satu warna dalam satu ruangan. Misalnya, warna cat untuk langit-langit lebih baik dipilih warna yang lebih muda karena langit-langit selalu dilihat dalam bayangan sinar. Sebagai panduan umum, gunakan aturan 60-30-10. Artinya 60% ruangan akan dipenuhi dengan warna utama seperti cat yang dipergunakan pada wadah terbesar seperti dinding. Warna kedua sebaiknya dipergunakan sebanyak 30% untuk karpet, perabot furnitur yang besar atau untuk langit-langit. Sementara sisa 10% dapat dipergunakan untuk memperindah aksen ruangan tersebut seperti untuk aksesoris atau perabot furnitur yang kecil.

Tagged: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: