Bahan Aksesori Pembentuk Dinding: Roster (Bagian Kedua)

Roster

Roster merupakan balok yang berlubang yang memberikan fungsi lubang angin untuk memperlancar arus udara keluar masuk rumah secara alami sehingga suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Bahan dasar roster banyak ragamnya dari kayu, tanah liat, keramik ataupun campuran semen dan pasir. Ukuran rosterpun bervariasi dan berkisar antara 15×20 cm2, 15×30 cm2, 20×20 cm2, 30×30 cm2 hingga ukuran 40×70 cm2.

Roster dengan bahan dasar yang berbeda akan lain pula penerapannya. Roster berbahan kayu atau keramik sangat cocok diaplikasikan pada rumah bergaya tropis. Roster bata dari tanah liat akan menambah kesan natural dan eksotis suatu rumah. Sementara roster dengan bahan batu cocok diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis.

Biasanya roster diletakkan di atas jendela atau pintu sebagai ventilasi atau pada area-area tertentu yang membutuhkan arus udara secara alami. Namun seiring dengan perkembangan waktu, roster sekarang juga mulai dipergunakan sebagai bahan pembentuk dinding yaitu untuk memberikan variasi keindahan dari dinding, memberikan aksen ruangan serta mengurangi kesan kaku dan monoton yang diberikan oleh dinding polos. Bahkan roster pun dapat diterapkan pada kamar mandi untuk memberikan suasana yang lebih sejuk di dalam kamar mandi. Dengan penerapan yang tepat dan berselang-seling dengan dinding penuh, ruang privasi Anda akan tetap terlindung. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan menggunakan roster sebagai dinding adalah selain masuk keluarnya udara ke ruangan, debu dan kotoran pun akan ikut terbawa masuk ke dalam ruangan.

Tagged: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: