Tips Memasang Nok Atap Anti Bocor

Musim hujan mulai tiba! Hal ini bisa membuat kita pusing tujuh keliling bila rumah kita ada yang bocor. Sudah saatnya Anda bersiap-siap belajar mengatasinya bila ada kebocoran yang terjadi pada rumah Anda. Salah satu kebocoran yang umum terjadi pada atap rumah bersumber dari retaknya bagian karpusan yaitu adukan campuran semen dengan pasir yang menyatukan wuwungan/nok dan genteng. Karpusan yang retak ini disebabkan oleh proses pemasangan nok yang tidak sesuai standar. Umumnya para tukang melakukan pemasangan dengan cara praktis, yaitu pemasangan nok secara langsung di atas karpusan.

Berikut beberapa langkah-langkah yang benar dalam pemasangan nok seperti yang diuraikan oleh Danang Kusjuliadi dalam bukunya Mengatasi Kerusakan Rumah Tanpa Tukang (Griya Kreasi, 2007):

  1. Pasang ram kawat di atas balok nok yang berfungsi sebagai tulangan untuk mengurangi pergerakan adukan serta menahan dan meratakan adukan.
  2. Tuangkan adukan semen pasir pada pasangan ram kawat dengan perbandingan semen pasir 1:4. Bila perlu, beri semen instan sebanyak 10% dari jumlah persentase semen.
  3. Bentuk adukan tersebut seperti nok. Ketinggian adukan tidak boleh terlalu tinggi agar tidak terjadi retakan. Ketinggian adukan ideal adalah 2-3 cm.
  4. Biarkan adukan mengering selama minimal 3 hari.
  5. Pasang nok dengan menggunakan adukan semen pasir atau menggunakan semen instan.

Bila sudah terjadi kebocoran akibat retaknya karpusan, apa yang harus dilakukan? Hal yang sering dilakukan adalah dengan aplikasi waterproofing dan dikombinasikan dengan serat fiber. Cara lain yang bisa dipakai adalah:

  1. Coak karpusan yang retak
  2. Berikan adukan semen instan pada lokasi coakan.
  3. Rapikan dengan acian.

Sumber foto dan tulisan: Mengatasi Kerusakan Rumah Tanpa Tukang, Danang Kusjuliadi, Griya Kreasi, 2007.

Tagged: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: