Tips Memasang Plafon dengan Versaboard

Saat ini plafon yang paling sering digunakan dalam rumah tinggal adalah plafon yang terbuat dari papan GRC atau papan kalsium silikat seperti Versaboard. Untuk artikel kali ini saya akan uraikan secara detil pemasangan plafon dengan papan Versaboard. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan plafon dengan papan versaboard yaitu pemasangan rangka plafon, pemakuannya serta penutup sambungan antara lembaran tersebut.

Rangka Plafon

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan rangka metal hollow square atau rangka kayu yang lurus dan diketam.

Pemakuan Plafon

Untuk rangka kayu gunakanlah paku khusus Versaboard yaitu paku yang berdiameter 2mm dan panjang 25mm serta berkepala lebar dan digalvanis. Paku ini memang dirancang agar bisa menembus papan versaboard dengan mudah dan mengikatnya pada rangka kayu. Untuk rangka besi gunakanlah sekrup khusus Versaboard yaitu sekrup self  taping dan self embedded head yang dianti karat.

Ketentuan jarak paku/sekrup sebagai berikut:

  • Antar paku/sekrup tepi maksimum 100 mm
  • Antar paku/sekrup tengah maksimum 300 mm
  • Terhadap tepi lembaran minimum 12 mm
  • Terhadap sudut lembaran minimum 50 mm

Harap diperhatikan untuk tidak memaku atau menyekrup pada sudut lembaran karena akan berisiko pecahnya sudut lembaran Versaboard.

Penutup Sambungan

Untuk sistem sambungan SE (square edge), gunakan kompon Versaboard pada setiap nat atau pertemuan panel. Tidak seperti kompon GRC yang agak rumit karena memerlukan beberapa tahapan, kompon versaboard yang dijual sudah siap dipakai dan diaplikasikan langsung pada lembaran Versaboard. Untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan lembaran RE (recessed edge). Tahapan penggunaan kompon Versaboard seperti pada gambar berikut:

  1. Tempelkan self-adhesive joint tape
  2. Kompon pada tahap pertama, pastikan menutup seluruh sambungan, joint tape dan mengisi celah jika ada, lalu biarkan kering kurang lebih 1 jam.
  3. Pengaplikasian kompon pada tahap kedua selebar kurang lebih 30 cm setipis mungkin. Kemudian setelah kering diamplas dengan metode amplas basah.

Tagged: , , , , , , , , ,

One thought on “Tips Memasang Plafon dengan Versaboard

  1. funkyabis03 14 Februari 2013 pukul 11:28 Reply

    oke bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: