Panduan Menyimpan dan Memanfaatkan Cat Tersisa

Cat Tersisa

Ada satu hal yang pasti dalam proyek pengecatan rumah Anda yaitu Anda akan menyisakan sebagian cat yang digunakan. Bila cat yang dipergunakan merupakan hasil pencampuran khusus beberapa warna, Anda pastinya ingin cat tersisa dalam keadaan bagus dan bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu bila harus melakukan pengecatan ulang atas tembok yang tergores atau rusak. Cat tembok bisa bertahan hingga 10 tahun, sementara cat minyak masih bisa dipergunakan hingga 15 tahun penyimpanan.

Masalahnya musuh utama dalam penyimpanan cat adalah udara. Agar cat tidak mengering dan mengeras, Anda harus memastikan bahwa wadah cat tersisa sudah tertutup rapat dan tidak kontak langsung dengan udara. Selain udara, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan cat tersisa.

  1. Usahakan tidak menyimpan cat tersisa (terutama cat tembok) dalam kaleng yang terbuat dari logam, karena cat tembok bersifat korosif dan dapat mengakibatkan kaleng tersebut berkarat. Pilihlah wadah cat yang terbuat dari plastik.
  2. Simpan di tempat yang kering dan sejuk. Suhu yang terlalu panas dapat mengakibatkan cat tembok mengering di permukaan. Sementara suhu yang terlalu dingin dapat mengakibatkan cat membeku.

Bila sudah saatnya Anda mesti memanfaatkan cat tersisa, bukan berarti Anda dapat langsung menggunakannya. Jangan pernah sekalipun mengocok kaleng cat tersimpan sebelum menggunakannya, karena akan menghasilkan gumpalan yang mengharuskan Anda melakukan tambahan pekerjaan menyaring cat tersebut. Bukalah terlebih dulu kaleng cat dan lakukan penilaian apakah cat tersebut masih bisa dipergunakan. Berikut beberapa tes sederhana dalam menentukan cat yang disimpan masih bermanfaat atau tidak:

  1. Kuaskan cat tembok pada sehelai kertas koran. Bila menghasilkan cat yang menggumpal, berarti cat tidak dapat dipergunakan lagi. Tetapi ada beberapa ahli menyarankan untuk menyaringnya agar cat tersebut dapat dimanfaatkan.
  2. Aduk cat. Bila cat tidak dapat diaduk karena telah mengeras, berarti tidak dapat dipergunakan. Kadang, cat hanya mengeras di permukaan. Buanglah bagian yang mengeras di permukaan, dan kemudian coba diaduk, bila bisa diaduk berarti cat tersebut masih baik.
  3. Gunakan indera penciuman Anda untuk menilai seberapa bagus cat yang disimpan. Bila sudah berbau busuk, cat sebaiknya dibuang saja.

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: