Mengatasi Masalah pada Plafon Papan Semen

Bila kita perhatikan dengan seksama, plafon sebagian besar rumah saat ini bila tidak berupa papan gypsum pasti menggunakan papan semen seperti Versaboard, GRC board, Kalsiboard ataupun berbagai papan semen merk lainnya. Papan semen yang semakin umum dipakai sebagai plafon rumah ini tak terlepas dari beberapa keunggulannya bila dibandingkan dengan tripleks maupun papan gypsum seperti:

  1. Harga yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan daripada tripleks.
  2. Lebih tahan air dan rayap dibandingkan papan gypsum.
  3. Bisa dipergunakan untuk pemasangan plafon dengan sistem sambungan nat terbuka (menghasilkan tampilan pola keramik/kisi-kisi pada plafon) atau sambungan nat tertutup (menampilkan plafon yang mulus tanpa sambungan seperti papan gypsum).

Kendati demikian, ada dua masalah utama yang dapat muncul dalam pemasangan plafon dengan papan semen. Masalah tersebut terjadi umumnya karena kurangnya pengetahuan tukang dalam pemasangan papan semen. Berikut akan saya paparkan kedua masalah tersebut dan cara mengatasinya.

RETAK SAMBUNGAN NAT PAPAN SEMEN

Ini merupakan masalah yang paling umum dijumpai dalam pemasangan papan semen. Penyebabnya penggunaan kompon gypsum (cornice compound) sebagai pengisi sambungan nat yang tentu saja tidak dapat menyatu dengan papan semen dan mudah retak setelah kompon mengering. Pergunakanlah kompon yang telah disediakan oleh masing-masing produsen khusus untuk papan semen yang mereka produksi seperti Compound Versa untuk Versaboard, Compound A+B untuk GRC board. Anda juga bisa menggunakan produk seperti Join-X yang dapat diaplikasikan untuk segala jenis papan semen.

Join-X

Saya akan jelaskan sekilas cara pemakaian produk Join-X untuk pengisi sambungan nat papan semen.

  • Campurkan Join-X A dan B dengan perbandingan 1:1 sesuai kebutuhan, aduk campuran dan teteskan sedikit air sampai merata
  • Aplikasikan campuran Join-X yang sudah homogen secara tidak berlebihan.
  • Campuran Join-X baik digunakan sebelum 30 menit.
  • Masa kering sentuh tangan kurang lebih 45 menit.
  • Masa kering sempurna kurang lebih 8 jam.
  • Aplikasi pengecatan dan finishing dilakukan setelah masa kering sempurna.

PECAHNYA SUDUT LEMBARAN PAPAN SEMEN

Pemakuan Versa

Perhatikan gambar di atas tentang cara memaku atau memasang sekrup yang benar untuk mengatasi masalah pecahnya sudut lembaran papan semen. Jangan lupa untuk menggunakan paku dan sekrup khusus papan semen. Paku papan semen mesti berkepala lebar dan memiliki drat pada batangan di bawah kepala paku untuk mengikat papan semen lebih kuat. Sementara sekrup papan semen memiliki ciri berupa 4 garis tonjolan di bawah kepala sekrup yang berfungsi sama seperti drat pada paku yaitu agar papan semen terikat lebih kokoh. 

Tagged: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: